h1

Aksi Kiper ”Setan Merah” asal Spanyol

Desember 19, 2014

Dua klub kondang Eropa yang memiliki julukan ”Setan Merah” sama-sama mengantungi kemenangan dalam laga liga lokal yang berlangsung Minggu (14/12) lalu. Manchester United unggul 3-0 atas Liverpool di Old Trafford. Tiga gol dicetak oleh Wayne Rooney, Juan Mata, dan Robin van Persie. Hasil pertandingan tersebut merupakan kemenangan keenam beruntun tim asuhan Louis van Gaal dan menempatkan United di posisi tiga klasemen EPL pekan ke-16 dengan raihan angka 31. Chelsea masih memimpin klasemen diikuti Manchester City.

De Gea vs Sterling-Manchester-United-Liverpool-AFP_LNCIMA20141215_0047_5

Sementara itu, Milan berhasil menaklukkan Napoli 2-0 di San Siro. Jeremy Menez dan Giacomo Bonaventura menyumbang gol kemenangan. Tim besutan Filippo Inzaghi naik satu peringkat ke nomor enam klasemen Serie A pekan ke-15 dengan poin 24, sama dengan koleksi angka Napoli. Rossoneri hanya unggul selisih gol dari tim yang baru dikalahkannya. Persaingan meraih scudetto mungkin hanya akan berlangsung antara Juventus dan AS Roma yang hanya berselisih satu angka. Namun perebutan tiket ketiga ke Liga Champion musim depan masih sulit diprediksi. Uniknya, giornata 15 Serie A menghasilkan beberapa tim yang memiliki poin sama. Lazio (3), Sampdoria (4), dan Genoa (5) memiliki poin 26. Milan (6) dan Napoli (7) mendulang angka 24. Di bawah Fiorentina (8) terdapat Udinese (9) dan Palermo (10) memiliki poin 21.

Selain itu, ada benang merah yang menghubungkan nasib baik The Red Devils dan Il Diavolo Rosso pekan lalu. Kemenangan dengan tanpa kebobolan (clean sheet) bisa diraih karena aksi cemerlang para kiper yang berasal dari Spanyol. David de Gea tampil luar biasa mengawal gawang United, melakukan delapan kali penyelamatan, dan bahkan menjadi pemain terbaik dalam laga tersebut. Raheem Sterling dan Mario Balotelli (Liverpool) pantas frustrasi karena sejumlah peluang mereka dikandaskan De Gea.

AC Milan's goalkeeper Lopez makes a save on Napoli's Higuain during their Italian Serie A soccer match in Milan

Diego Lopez pun sudah bekerja keras untuk membuat gawang Milan tetap perawan. Gonzalo Higuain dan Jose Callejon (Napoli) tak mampu menaklukkan mantan rekan mereka di Real Madrid. Iker Casillas mungkin masih berjaya bersama Madrid dan tetap menjadi kiper nomor satu La Furia Roja, kendati gagal total di Piala Dunia Brasil. Namun ketika nama Victor Valdes dan Pepe Reina sudah mulai hilang dari peredaran, Spanyol ternyata masih memiliki De Gea dan Lopez yang menjadi pelapis sepadan bagi Casillas.

* Opini ini dimuat (dengan revisi) di Mingguan BOLA Edisi 2.594/2014.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: