h1

Benang Merah Pemain Baru Manchester United

Oktober 13, 2015

Demi menjalani musim 2015/16 yang lebih cemerlang, Manchester United telah merekrut lima pemain anyar, yaitu : Sergio Romero (Sampdoria), Matteo Darmian (Torino), Morgan Schneiderlin (Southampton), Bastian Schweinsteiger (Bayern Muenchen), dan Memphis Depay (PSV Eindhoven). Maka tidak masalah bagi United melepas para pemain lawas ke klub lainnya, seperti Robin van Persie (Fenerbahce), Radamel Falcao (Monaco/Chelsea), Rafael da Silva (Lyon), dan Angel di Maria (PSG). Manajer Louis van Gaal bahkan langsung menurunkan seluruh pemain barunya dalam pertandingan pertama EPL 2015/16 yang berbuah kemenangan 1-0 atas Tottenham Hotspur pada 8 Agustus 2015. Romero, Darmian, Schneiderlin, dan Memphis bermain sejak sepak mula, sementara Schweinsteiger turun sebagai pemain pengganti.

Manchester-United-vs-Tottenham

Jika ditelusuri lebih lanjut, ternyata rekan-rekan paling gres Wayne Rooney dkk memiliki hubungan satu sama lain. Pertama, mereka berlima merupakan sesama pemain asing di Liga Inggris : Romero (Argentina), Darmian (Italia), Schneiderlin (Prancis), Schweinsteiger (Jerman), dan Memphis (Belanda). Kedua, terdapat tiga pemain yang sama-sama pernah menjadi anak buah Van Gaal di masa lalu, yaitu  Romero (AZ Alkmaar 2007-2009), Schweinsteiger (Bayern Muenchen 2009-2012), dan Memphis (Belanda 2013-2014). Mereka bertiga pasti sudah saling memahami dengan pelatih kawakan asal Belanda tersebut, sehingga adaptasi bersama Red Devils diharapkan bisa berlangsung lebih cepat. Ketiga, warna seragam klub lama empat pemain -sebelum hijrah ke MU- memiliki unsur merah dalam kostum utamanya : Darmian (Torino – merah marun), Schneiderlin (Southampton – kaos bergaris vertikal merah-putih), Schweinsteiger (Muenchen – kaos bergaris vertikal merah-biru dan celana merah), dan Memphis (PSV Eindhoven – kaos bergaris vertikal merah-putih). Jika Pedro Rodriguez (Barcelona) jadi bergabung ke Old Trafford, maka bertambahlah jumlah pemain dari tim merah. Mereka dipastikan kembali mengenakan kostum berwarna merah ketika menjadi bagian dari United, yang kebetulan mengikat kontrak dengan sponsor apparel baru Adidas sejak 1 Agustus 2015.

Manchester-United-v-Tottenham-Hotspur-Premier-League

Ada hal yang unik pula ketika melihat nomor kostum para pemain baru. Kecuali Memphis yang memilih nomor 7 yang merupakan nomor para bintang Setan Merah, para pemain baru lainnya memilih nomor berangka besar : Romero (20), Schneiderlin (28), Schweinsteiger (31), dan Darmian (36).

Schweinsteiger tercatat dalam sejarah klub sebagai pemain Jerman pertama yang bermain untuk Manchester United. Sementara pemain asing lainnya tinggal memperpanjang daftar yang sudah ada. Giuseppe Rossi, Federico Macheda, dan Massimo Taibi adalah pemain Italia sebelum Darmian. Cukup banyak pemain Prancis yang menjadi bintang United, di antaranya Eric Cantona, Mikael Silvestre, Fabien Barthez, Laurent Blanc, dan Patrice Evra. Cantona dan Evra bahkan pernah menjadi kapten tim ketika meraih sejumlah gelar juara. Schneiderlin pasti sangat termotivasi mengikuti jejak para seniornya. Juan Sebastian Veron, Gabriel Heinze, Carlos Tevez, Angel di Maria, dan Marcos Rojo adalah pemain Argentina sebelum Romero. Sementara itu pemain Belanda yang pernah sukses bersama Red Devils di antaranya adalah Edwin van der Sar, Jaap Stam, Ruud van Nistelrooy, dan Robin van Persie. Daley Blind dan Memphis Depay sedang mencoba mengukir sejarah baru di bawah komado sesama orang Belanda, Louis van Gaal.

** Opini ini pernah dimuat di BolaVaganza September 2015 dan ditulis sebelum Anthony Martial (Monaco/Prancis) bergabung dengan Manchester United.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: