h1

Tiada Lagi Sepak Bola di Blog Ini

Februari 27, 2016

Sejak memulai blog ini pada Oktober 2007, sepak bola merupakan salah satu materi yang dominan. Apalagi cukup banyak tulisan saya yang pernah dimuat di media massa dan blog ini menjadi sarana dokumentasi yang memadai. Namun pada awal 2015 minat saya membahas olah raga terpopuler sejagad itu mulai meluntur, bahkan sempat mengalami hiatus selama berbulan-bulan. Dan saya memutuskan tidak akan lagi menulis tentang sepak bola di blog ini terhitung sejak tahun 2016.

Terjadinya konflik antara Menpora Imam Nahrawi dan PSSI yang berbuntut hukuman FIFA terhadap sepak bola Indonesia menjadi alasan utama. Pada saat silam saya hampir selalu ikut urun rembuk dengan tulisan-tulisan saya ketika terjadi konflik di PSSI. Tapi saya sudah begitu lelah dan jenuh mendengar lagi kisah konflik yang mesti terjadi di luar lapangan hijau. Terlalu dongkol, marah, sedih, dan kecewa membuat saya tak lagi merasa punya energi. Maka saya memutuskan untuk puasa menulis hal ihwal sepak bola di tanah air tercinta hingga kondisi kembali normal, entah akan sampai kapan. Saya hanya bisa berdoa dan tak mau berkomentar apa-apa.

Alasan lainnya adalah nasib buruk tiga klub favorit saya di Eropa (AC Milan, Manchester United, dan Real Madrid) sepanjang musim 2014/15. Selain itu, ruang berekspresi bagi para penulis  sepak bola di media massa terus berkurang dan nyaris tiada lagi. Tabloid SOCCER sudah berhenti terbit, lalu rubrik Suara Tifosi di Tabloid BOLA dihilangkan, dan puncaknya adalah Harian BOLA pun berhenti terbit pada tahun 2015. Padahal Harian BOLA memiliki rubrik Opini Publik (sebelumnya bernama OPOSAN di Tabloid BOLA) yang selama sekitar tiga tahun terakhir memberikan honor lumayan bagi kami penggemar sepak bola yang hobi menulis. Masih ada lagi sebuah masalah teknis yang membuat saya berhenti di sini. Tapi sejak 28 Januari 2016 sebenarnya saya sudah memutuskan membuat blog khusus bertema sepak bola dan mungkin juga seputar olah raga lainnya. Silakan singgah di http://bolalou.blogspot.co.id/

 

Tinggalkan Balasan

